Sekolah :
Kelas / Semester : IV / I
Mata Pelajaran : IPS
Ø Standar
Kompetensi : 1.4
Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat ( Kabupaten
/Kota, Provinsi)
Ø Kompetensi Dasar : Keragaman suku bangsa dan budaya
Ø
Indikator
Ø Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
Ø Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman
budaya
Ø
Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa mampu menyebutkan macam-macam
suku bangsa di Indonesia
Ø Siswa mampu menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragamaan
budaya
V. Materi
Pembelajaran :
ü Macam-macam
Suku Bangsa di Indonesia
ü Pentingnya persatuan dalam keragaman
VI. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2.Diskuasi
kelompok melalui pemberian tugas kelompok
3.Demonstrans
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan
1.
Apersepsi : Indonesia
memiliki keragaman budaya mulai dari sabang sampai marauke
2.
Motivasi : Coba
kamu sebutkan budaya yang ada di Indonesia ?
b.
Kegiatan inti
1.
Siswa menemukan aneka budaya lain dari Indonesia
2.
Siswa mencatat setiap budaya yang di temukan
3.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi
yang belum dipahaminya.
c.
Penutup
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
2.
Guru memberikan tugas kepada siswa
3.
Guru memberikan salam sebelum meninggalkan kelas.
VIII. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat
/ Bahan : Video keanekaragaman
suka bangsa dan ras yang ada di indonesia , permaianan ular tangga budaya dan
powerpoint
b. Sumber Belajar :
buku IPS kelas IV
IX. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian
proses belajar mengajar oleh guru
2. Alat
Penilaian (Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SDN 18 kota Bengkulu
( .............................................. )
|
Pondok Kubang
Guru Mapel
IPS
( Novliza Oktari )
|
0 komentar:
Posting Komentar